18.4 C
New York
Thursday, September 21, 2023

Buy now

Santo Fransiskus Antonius, Imam yang Setia Melayani Umat Allah

Santo Fransiskus Antonius
Santo Fransiskus Antonius (Foto: Istimewa)

Santo Fransiskus Antonius, Imam yang Setia Melayani Umat Allah, Amorpost.com –¬†Fransiskus Antonius lahir di Lucera, sebua kota kecil di Apulia, Italia pada tahun 1681. Dia diberi nama Antonius Yohanes Nikolas dan kerap dipanggil Yohanie.

Fasani, ayah dari Yohanie adalah seorang petani miskin di kota itu. Yohanie kecil harus kehilangan sang ayah saat dia berusia 10 tahun.

Sejak saat itu dia kehilangan sosok dan kasih sayang seorang ayah. Beruntung, ibunya segera menikah dan dia memiliki seorang ayah tiri yang baik hati dan mendidik mereka seperti anak kandungnya sendiri.

Dia kemudian disekolahkan di sebuah sekolah dasar di Lucera. Yohanie muda lalu memilih masuk biara setelah mendapatkan dukungan penuh dari kedua orangtuanya.

Sejak itu dia tinggal di Monte Gargano hingga ditahbiskan menjdi imam di kota Asisi pada tahun 1707. Dia kmeudian mengambil nama Fransiskus Antonius.

Setelah ditahbiskan, Yohanie masih menaljutkan studi filsafatnya. Dia belajar dengan tekun sehingga dapat menyelesaikan studinya dengan cepat.

Imam muda ini melanjutkan tugasnya mengajar sebagai dosen filsafat di Kolese Lucera dan terus melayani umat setelah lulus. Dia berkhotbah dan memberikan banyak pemahaman iman kepada rekan-rekannya di biara.

Fransiskus Antonius menghabiskan masa tuanya di Lucera hingga wafat pada tahun 1972. Fransiskus dikenal sebagao sosok yang sangat religius, dia selalu mengajak umatnya untuk berdoa Rosario, berziarah dan juga Novena.

Selain itu, Fransiskus juga dikenal sering mengumpulkan dana bagi kaum miskin dan pergi ke penjara-penjara menghibur para tahanan yang akan dihukum mati. Dia melayani semua orang dengan penuh cinta sehingga sangat dicintai umat. Santo Fransiskus Antonius diperingati setiap 9 Desember.

Sumber: Iman Katolik

Amor
Amorhttp://www.amorpost.com
Adrian B., SS.STB, Alumnus Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara dan Ateneo de Manila University. Hoby Menulis, Membaca, Web Design, Fotografy, Beternak, Touring dan Kegiatan Karitative.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,868FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles