7.7 C
New York
Friday, November 24, 2023

Buy now

Undang Orang Muda Katolik Terlibat dalam Sinode, Paus Gunakan Media Sosial

Undang Orang Muda Katolik Terlibat dalam Sinode, Paus Gunakan Media Sosial, Amorpost.com – Paus Fransiskus mengajak orang muda Katolik untuk ikut terlibat dalam sinode orang muda dengan menggunakan media sosial.

Dalam pidatonya kemarin, Minggu, (18/2/2018), Paus Fransiskus mengatakan bahwa persiapan sinode terus dilakukan, salah satunya dengan menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram untuk menarik minat dan keterlibatan orang muda.

Pada tanggal 19-24 Maret nanti, sekitar 300 orang muda Katolik dari seluruh dunia akan berkumpul di Roma untuk mengadakan persiapan sinode orang muda yang akan digelar pada Oktober 2018.

Paus Fransiskus dan media sosial orang muda
Paus Fransiskus dan media sosial orang muda (Foto: Parade.com)

“Saya menginginkan agar semua orang muda di seluruh dunia terlibat untuk mempersiapkan sinode tersebut. Mereka bisa terlibat di media-media sosial yang sudah dibuat dalam berbagai bahasa, berkontribusi di website yang sudah dibuat,” kata Paus Fransiskus seperti dilansir dari cruxnow.com.

Undangan Paus tersebut merupakan bagian dari kampanye oleh pejabat sinode untuk meningkatkan partisipasi kaum muda menjelang pertemuan pada bulan Oktober.

Sekretaris Jenderal Sinode Uskup, Kardinal Lorenzo Baldisseri mengatakan, dalam sinode kali ini bukan hanya para uskup atau peserta sinode yang berbicara tentang orang muda tetapi orang muda yang berbicara tentang diri dan zaman mereka sendiri.

“Ini adalah peristiwa di mana orang muda akan menjadi aktor dan protagonis. Kami tidak akan hanya berbicara ‘tentang’ mereka, tapi mereka akan berbicara sendiri: dengan kata-kata mereka sendiri, antusiasme dan kepekaan mereka sendiri,” kata Kardinal Baldisseri.

Bapa Suci kemudian menasihati orang muda agar bijak dalam menggunakan sarana media sosial, terutama dalam masa Prapaskah ini, untuk menunjang pertumbuhan iman.

“Kita dipanggil untuk menghadapi ‘si Jahat’ melalui doa, agar dengan pertolongan Tuhan, kita dapat mengalahkannya dalam kehidupan kita sehari-hari,” kata Paus Fransiskus.

Kejahatan, lanjut Paus, selalu ada dan bekerja dalam keseharian kita dalam bentuk kekerasan, penolakan terhadap yang lain, perang dan ketidakadilan. Karena itu, dalam kehidupan kita selalu butuh pertobatan terus-menerus.

“Kita mohon doa dari semua anggota Gereja agar kita mampu mengalahkan kejahatan yang ada di sekitar kita itu,” pesan Paus Fransiskus.

Dalam rangka persiapan sinode, panitia sudah merilis akun facebook, twitter dan instagram dalam berbagai bahasa. Orang muda dapat berpartisipasi dengan mengikuti atau menulis dengan hastag #Synod2018.

Sampai saat ini, akun twitter Sinode memiliki sekitar 2.500 pengikut, lebih dari 4.000 orang menyukai dan mengikuti Facebook dan sedikit di atas 1.200 pengikut di Instagram.

Amor
Amorhttp://www.amorpost.com
Adrian B., SS.STB, Alumnus Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara dan Ateneo de Manila University. Hoby Menulis, Membaca, Web Design, Fotografy, Beternak, Touring dan Kegiatan Karitative.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles